Tips

Cara Membersihkan dan Merawat Lantai Vinyl

May 24, 2018 No Comments

lantai vinyl merbau

Memang banyak produk vinyl yang kini sudah didesain agar tahan terhadap air, namun lantai vinyl tetap bisa rusak bila Anda membersihkannya dengan cara yang salah. Oleh sebab itu berikut kami berikan tips cara membersihkan lantai vinyl yang tepat agar tetap terlihat baru, bebas debu, kotoran, lumpur dan lain sebagainya.

Langkah 1: Sapu secara rutin
Tampilan lantai vinyl dapat bertahan lebih lama jika  Anda secara rutin menyapunya. Hal ini penting dilakukan guna menyingkirkan partikel-partikel debu atau kotoran yang dapat menggores lantai vinyl.

Langkah 2: Vakum
Jika Anda menggunakan vacuum cleaner untuk mengangkat debu dan kotoran dari lantai vinyl, atur vakum ke mode “bare floor”atau matikan “beater bar” agar vakum dapat bekerja lebih maksimal. Anda bisa melakukan ini sebelum mengepel lantai.

Langkah 3: Pel
Sebenarnya Anda dapat mengepel lantai vinyl seperti mengepel lantai keramik, yaitu dengan menggunakan larutan pembersih tapi pastikan Anda tidak menumpahkan terlalu banyak air ke lantai. Jadi sebaiknya peras dulu pel Anda hingga tidak terlalu basah, dan hindari menggosok terlalu keras untuk mencegah kerusakan pada vinyl.

Langkah 4: Pilih produk pembersih yang tepat
Mengepel membuat lantai vinil Anda bebas dari kotoran dan noda, namun perhatikan produk pembersih yang Anda gunakan. Pilih produk pembersih yang memang diformulasikan khusus lantai vinyl, sebab bisa dipastikan produk pembersih tersebut aman untuk lantai Anda dan menjaga penampilannya tampak senantiasa baru. Perhatikan juga label pada kemasannya, pastikan tertulis non-abrasif atau sejenisnya. Periksa juga apakah pembersih yang digunakan merupakan konsentrat atau bukan, sebab jika iya, maka Anda harus mencairkannya sebelum digunakan.

Langkah 5: Alternatif pembersih
Sebagai alternatif cairan pembersih, Anda juga dapat menggunakan campuran air dan cuka untuk membersihkan noda atau kotoran yang melekat pada lantai vinyl.

Leave a Reply